REVIEW

Lima Film Indonesia yang Menginspirasi Kita untuk Menikmati Keindahan Bumi Pertiwi

Keindahan Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Memiliki negeri dengan berbagai pulau tersebar dan bentangan laut yang luas serta  beragam kontur daratan dan beraneka vegetasi di dalamnya adalah anugerah yang tak terhingga. Kita tak pernah kekurangan destinasi untuk sekedar menikmati udara segar pegunungan atau merasakan desau angin pantai.

Berbagai keindahan alam Indonesia juga terdokumentasi dan abadi dalam berbagai karya insan perfilman Indonesia. Beberapa film ini bisa jadi menginspirasi kita untuk menjelajah dan menelaah lebih dalam pesona wisata nusantara.

5 cm

Ranu Kumbolo

Film yang disutradarai Rizal Mantovani ini rilis pada tanggal 12 Desember 2012. Berkisah tentang lima sahabat yang mendadak melakukan perjalanan ke Puncak Mahameru. Film ini sukses mengadaptasi novel laris besutan Donny Dhirgantoro dengan judul yang sama. Selain memaparkan persahabatan, harapan, impian dan pastinya kisah cinta, penonton juga disuguhi pemandangan indahnya Ranu Kumbolo dan megahnya puncak Mahameru, plus eksotisme Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.  Klimaks dari film ini adalah adegan dimana Lima sahabat berhasil mengibarkan Sang Merah Putih di atas awan Mahameru. Siapa yang mulai naik gunung karena terinspirasi film ini?

Cinta Silver

Tegal Alang
Terasering Tegal Alang yang Eksotis Pic from : pinterest

Film bergenre drama romantis ini populer pada tahun 2005. Bukan hanya menyuguhkan sisi indah Bali, film ini juga menyorot  sisi glamor Bali dengan kehidupan dunia modeling dan pelaku industri di belakangnya. Diperkaya musik romantic  racikan Glen Fredly, penonotn sukses dibuai berbagai adegan photoshoot yang mewah dan elegan dengan latar pemandangan Garuda Wisnu Kencana, Pantai Dreamland, dan hijaunya Pesawahan Tegal Alang . Pun tak ketinggalan mewahnya fasilitas Hotel Conrad dan Hotel Harris. Never fail to show us that Bali has lots of things  to offer.

Trinity the Nekad Traveler

Trinity the naked traveler
Maudy Ayundya As Trinity Pic: Maudy Ayundya Instagram

Film ini terinspirasi dari buku seri perjalanan  karya Trinity, travel blogger terkenal yang juga sekaligus penulis skenario dari film ini. Berkisah tentang Trinity, gadis pekerja yang hobi traveling dan menulis pengalaman liburan dan kisahnya memenuhi bucket list liburannya. Selain memajang Way Kambas di Lampung , Gunung Krakatau yang megah, Trinity juga mengajak kita melihat dinding alam Rammang-Rammang yang eksotis. Beberapa tempat mungkin yang dikunjungi Trinity sangat mungkin menambah deretan list wisata perjalanan impian penonton.

 Negeri Dongeng

Gunung cartenz
Megahnya Cartenz yang Menjulang Pic from : geomagz.com

Film dokumenter arahan Anggi Frisca yang diproduksi oleh Aksa7 ini tayang di beberapa bioskop pilihan medio Oktober 2017. Berkisah tentang perjalanan tujuh anak muda mendaki beberapa gunung tinggi di Indonesia. Kisah perjalanan yang penuh suka dan duka, di selingi pesan moral untuk menjaga lingkungan dan bagaimana mereka berinteraksi dengan penduduk setempat sambil meresapi dan menikmati kearifan lokal yang ada. Bagi pendaki, film ini tempat  berkaca dan melihat realitas, penuh tawa, dan tangis haru serta bahagia. Bagi para pecinta keindahan, panorama Gunung  Cartenz di Papua, Gunung Rinjani di Lombok, Gunug Binaiya di Ambon, dan gunung lainnya seakan menambah places to go list yang ada.

Susah Sinyal

Air terjun Tanggedu
Air Tejun Tanggedu Pic from : Kincir.com

Film drama komedi keluarga karya Ernest Prakasa ini berkisah tentang seorang ibu single parent yang berusaha memperbaiki relasinya dengan putri semata wayangnya setelah kepergian sang nenek tercinta. Film komedi yang dipadu sebagai drama keluarga ini sukses mengekspose Sumba dan padang rumputnya yang cantik, air terjun Tanggedunya yang menawan, tak lupa pula ribuan bintang di tepi pantai pada malam yang cerah rupawan.

Selain lima film tersebut, saya yakin masih banyak lagi film Indonesia yang sukses mempromosikan pariwisata Indonesia. Apa judul film Indonesia yang paling kalian suka?

2 tanggapan untuk “Lima Film Indonesia yang Menginspirasi Kita untuk Menikmati Keindahan Bumi Pertiwi”

    1. Filmnya Mba Endang film anak gunung semua nih… Film yang lainnya lebih ke komedi romantik Mba, etapi yang trinity lbh ke org yg suka traveling gitu sih 😊

      Suka

Tinggalkan komentar